Sunday, October 4, 2015

Pengantar Statistika (Tugas 1)



MAKALAH PENGANTAR STATISTIKA#
Tugas 1



Dosen Pembimbing :
Riskayanto
Disusun Oleh :
Pitrani Exnihilo (28114453)
2KB04



Sistem Komputer
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah statistika ini dengan baik dan lancar. Serta, tidak lupa saya menyampaikan terimakasih saya terhadap temen-temen saya yang telah membantu saya dalam pengumpulan data saya. Saya berharap makalah ini dapat berguna bagi mahasiswa lainnya.

          Saya juga memohon maaf apabila ada kekurangan, kesalahan bahkan kata-kata yang kurang berkenan di hati dan disisi lain kami sangat mengharapkan ada masukan baik berupa kritik maupun saran. Sehingga penyusunan makalah ini dapat diperbaiki untuk menjadi lebih baik, karena tidak ada manusia yang sempurna kecuali Allah SWT.

          Akhir kata kami mengharapkan makalah ini dapat bermanfaat bagi saya secara pribadi maupun pembaca makalah ini.




Jakarta, 28 September 2015

Pitrani Exnihilo   




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ………………………………………………………. i

DAFTAR ISI ………………………………………………………………… ii

BAB I (PENDAHULUAN) …………………………………………………..1
1.1             Latar Belakang …………………………………………………. 1
1.2             Tujuan …………………………………………………………… 1
1.3             Rumusan Masalah ……………………………………………… 1

BAB II (ISI) …………………………………….…………………………….. 2
                        2.1   Pengertian …………………………………………………….. 2
                        2.2   Soal …………………………………………………………….. 2
                        2.3   Pembahasan …………………………………………………… 2

BAB III (PENUTUP) …………………………………………………..…….. 4
Kesimpulan …………………………………………………..…… 4
Daftar Pustaka …………………………………………………… 5





BAB I
PENDAHULUAN

1.1                         Latar Belakang

Makalah ini disusun untuk penjelasan dan mempersentasikan pengunaan metode satatistika dalam membuat suatu informasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan maupun untuk menganalisi data dari sempel data yang diambil.

Makalah ini saya susun untuk memenuhi tugas kuliah saya Pengantar Satatistika. Ini untuk menguji kreatifitas mahasiswa dan penataan bahasa dalam menyusun sebuah makalah maupun data. Pada makalah ini akan lebih terfokus pada penyusunan Tabel Distibusi Frekuensi (TDF).

Metode statistika adalah prosedur – prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis serta penafsiran data. Maka metode statistika sangat bermanfaat bagi kita mahasiswa untuk menyusun sebuah data agar mampu dibaca atau diringkas secara kuantintatif dan mudah untuk dimengerti.

1.2                         Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini selain menyelesaikan tugas kuliah, juga sebagai pembelajaran bagi saya maupun pembaca untuk mampu menyusun data secara kuantintatif terutama denga metode statistika dan khususnya dengan penggunaan table distribusi  frekuensi.

1.3                         Rumusan Masalah

1.     Apa pengertian dari metode statistika ?
2.     Apa penngertian dari Tabel Distibusi Frekuensi ?
3.     Soal serta pembahasan

BAB II
ISI


            2.1   Pengertian

        Metode statistika adalah prosedur – prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis serta penafsiran data. Tabel distribusi frekuensi adalah salah satu bentuk penyajian data. Tabel distribusi frekuensi dibuat agar data yang telah dikumpulkan dalam jumlah yang sangat banyak dapat disajikan dalam bentuk yang jelas dan baik. Dengan kata lain, tabel distribusi frekuensi  dibuat untuk menyederhanakan bentuk dan jumlah data sehingga ketika disajikan kepada para pembaca dapat dengan mudah dipahami atau dinilai.

            2.2   Soal

Buat Tabel Distribusi Frekuensi (TDF) dalam makalah
1.     Data yang terkumpul minimum 30 data
2.     Data – datanya disusun atau diringkas dengan tahapan atau metode penyusunan Tabel Distribusi Frekuensi (TDF)
3.     Pembuata Tabel Distibusi Frekuensi menyangkup kolom :
Ø Frekuensi Kelas
Ø Frekuensi Relatif
Ø Frekuensi Komulatif atau “kurang dari”

            2.3   Pembahasan

        Data ini merupakan nilai IPK tingkat 1 kelas 1KB03 angkatan 2014/2015. Data ini merupakan data kongrit atau fakta yang di dapat dari mahasiswa bersangkutan. Jumlah data yang didapat 30 data, selain mahasiswa yang tidak aktif maupun yang mengalami gangguan studensite.

Data yang terkumpul ;

Nilai IPK 1KB03 tingkat 1 angkatan 2014/2015
2,61
2,45
3,56
2,84
3,74
2,26
2,87
2,31
3,00
3,13
3,63
3,20
3,30
3,00
3,61
2,97
2,16
2,39
2,18
2,66
2,60
2,85
3,27
3,73
2,47
3,70
2,20
3,40
2,24
2,68

Metode Penyusunan Tabel Data Frekuansi :
Ø Frekuensi Kelas
Selang Kelas
Batas Kelas
TitikTengah Kelas (x)
Frekuensi
(f)
2,10 – 2,50
2,05 – 2,55
2,30
9
2,60 – 3,00
2,55 – 3,05
2,80
10
3,10 – 3,50
3,05 – 3,55
3,30
6
3,60 – 4,00
3,55 – 4,05
3,80
5

Ø Frekuensi Relatif
Selang Kelas
Batas Kelas
TitikTengah Kelas (x)
Frekuensi Relatif
2,10 – 2,50
2,05 – 2,55
2,30
0,30
2,60 – 3,00
2,55 – 3,05
2,80
0,33
3,10 – 3,50
3,05 – 3,55
3,30
0,20
3,60 – 4,00
3,55 – 4,05
3,80
0,17

Ø Frekuensi Komulatif
Batas Kelas
Frekuensi Komulatif
Kurang dari 2,05
0
Kurang dari 2,55
9
Kurang dari 3,05
19
Kurang dari 3,55
25
Kurang dari 4,05
30




BAB III
PENUTUP

3.1                         Kesimpulan


Penyusunan data menggunakan metode penyusunan statistika dan dengan penyajian Tabel Distribusi Frekuensi (TDF) pembaca akan mampu lebih mudah memahami isi dari data atau mengambil keputusan atau kesimpulan dari data yang telah disusun.

Dari data yang telah saya sajikan kesimpilanya adalah :
Ø IPK terbanyak yang di dapatkan mahasiwa di kelas 1KB03 angkatan 2014/2015 adalah tingkat 1 adalah pada nilai dari 2,60 samapai 3,00, yaitu 10 mahasiswa.
Ø IPK yang paling sedikit di dapatkan adalah nilai dari 3,60 sampai 4,00 yaitu 5 mahasiswa.

Penyajian mengunakan metode atau penyusunan ini membuat data menjadi ringkat atau singkat dan dapat di baca dengan pernilaian komutatif.














DAFTAR PUSTAKA


PENGANTAR STATISTIKA Edisi-3. Ronald E. Walpole ; Penerbit PT. Gramedia Oustaka Utama, Jakarta ; 1992


No comments:

Post a Comment